Selasa, 11 Mei 2010

Jamur - Persiapan Akhir Pembuatan Substrat

Pausterisasi membutuhkan alat yang kita dapat mengharapkan suhu semua substrat yang telah dibasahkan mencapai kisaran 55 hingga 60 derajad Celcius secara merata pada tiap bagian setidaknya untuk selama 30 menit. Merupakan KEHARUSAN temperatur substrat tidak boleh melebihi 60 derajad Celcius. Selain itu substrat yang telah dipasteurisasi tidak boleh terkontaminasi oleh substrat yang masih belum dipasteurisasi selama didinginkan hingga mencapai suhu sama dengan temperatur ruang selama kurang lebih 16 hingga 20 jam.

Sterilisasi membutuhkan sebuah alat dengan apa kita bisa mengharapkan temperatur substrat yang telah dibasahkan dapat mencapai 121 derajad Celcius merata pada semua bagian untuk waktu setidaknya 15 menit. Sebuah tangki bertekanan bisa membantu untuk mencapai hal tersebut. Substrat harus dildetakkan dalam suatu wadah yang mencegah masuknya semua mikroorganisme. Pendinginan harus dilakukan dengan cukup perlahan-lahan agar perbedaan tekanan udara luar dengan tekanan uap air dalam wadah substrat tidak telalu besar.

Sterilisasi membutuhkan lebih banyak peralatan yang mahal. lebih banyak bahan bakar, lebih banyak perhatian pada setiap tahapan dibandingkan dengan pasteurisasi. Di sisi lain pasteurisasi direkomendasikan untuk banyak spesies jamur ketimbang sterilisasi, namun tidak banyak yang menyarankan untuk Jamur Tiram. Namun yang menyarankan tidak menggunakan teknik pasteurisasi untuk mempersiapkan substrat media tumbuh Jamur Tiram adalah mereka yang tidak mengerti prosedur pasteurisasi yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar