Kamis, 06 Mei 2010

Jamur - Pembukaan

White Oyster Mushroom Growing Plugs ~ Grow your own mushrooms for years!Budidaya jamur adalah seni, tapi harus didasarkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Setiap sesuatu, yang bersifat seni dan ilmu pengetahuan membutuhkan pembelajaran dan pengalaman. Namun, mereka yang berencana untuk menumbuhkan jamur dapat dikatagorikan menjadi beberapa kelompok atas dasar beberapa faktor. Mungkin cara yang paling berguna untuk membagi orang - orang dengan ide menumbuhkan jamur tersebut adalah dengan mempertimbangkan apa yang akan mereka gunakan dalam bisnis jamur mereka:
1.Praktisi yaitu orang yang telah bekerja di sebuah peternakan jamur.
2.Pengguna material bekas yang ia lihat.
3.Pengguna material bekas dari peternakannya sendiri atau dari bisnis lainnya yang ia miliki.
4.Pengguna bangunan yang dia miliki, untuk mendapatkan harga murah.
Kebanyakan orang akan mengira orang pertamalah yang paling mungkin berhasil dalam bisnis menumbuhkan jamur, tetapi Anda akan terkejut mengetahui bahwa orang dalam seluruh daftar tersebut semuanya memiliki kemungkinan berhasil yang sama besar.

BUDI DAYA JAMUR TIRAM
Sukses! Banyak limbah yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerja, tetapi campuran beberapa bahan limbah umumnya lebih baik daripada limbah tunggal sebagus apapun bahan limbah itu. Kebanyakan petani yang memiliki limbah memiliki aktivitas lain yang menguras perhatian mereka. Jadi meskipun mereka mungkin secara kasat mata layak untuk bertani jamur karena bahan-bahan limbah yang mereka miliki, namun mereka
tidak dapat sepenuhnya dipastikan memiliki waktu untuk jamur.
Alangkah baiknya sesungguhnya bila limbah-limbah tersebut dapat ditumbuhkan jamur, tapi memang senantiasa ada banyak sampah di hampir setiap kebudayaan. Hal paling penting adalah menumbuhkan minat petani untuk bertani jamur dengan menyebarkan pengetahuan tentang bagaimana untuk menumbuhkan jamur.
Jamur teksturnya lebih mirip daging sapi daripada mirip gandum atau kentang. Namun, untuk pertumbuhannya, seperti gandum dan kentang, segala yang mereka butuhkan harus tersedia tepat di mana mereka tumbuh. Faktanya, bahkan tidak sesederhana itu. Makanan untuk jamur adalah makanan yang dimakan hewan lain dari jenis herbivora. Hewan dan tumbuhan keduanya memiliki kulit yang melindungi mereka. Jamur memiliki sedikit perlindungan namun mereka adalah pesaing sengit bagi para perebut makanan. Alat yang paling penting diperhatikan oleh petani jamur adalah sanitasi. Bahkan jika dibutuhkan bantuan, adalah penting untuk mendiskusikan kebutuhannya sehingga mendapatkan bantuan orang lain yang lebih ahli.
Diskusi lainnya mengenai pengolahan limbah akan bermanfaat, tapi kami perlu fokus untuk menyebarkan pengetahuan tentang menumbuhkan jamur. Jadi mari kita mulai dengan membahas bangunan atau di Indonesia dikenal dengan istilah Kumbung. Bangunan adalah fisik perlindungan untuk jamur. Bangunan yang paling diidamkan oleh manusia sebagai tempat tinggal adalah pilihan yang buruk karena mereka tidak menyediakan hal-hal yang perlu bagi pertumbuhan jamur. Harus jelas juga bahwa untuk bangunan yang paling tidak memadai sekalipun bagi manusia, jamur tetap memiliki kebutuhan khusus yang harus dipenuhi. Bagaimana akan kita pelajari kebutuhan khusus mereka? Salah satu cara yang sangat baik untuk mempelajari kebutuhan makhluk hidup adalah dengan mengamati kondisi tempat mereka tumbuh secara normal. Topik inilah yang akan kami bahas pada postingan berikutnya.

2 komentar:

  1. pemasaran untuk sekala kecil..dapat berlanjut teratur..???

    BalasHapus
  2. Pemasaran bergantung kepada konsep ekonomi, semakin tinggi kebutuhan masyarakat sementara pasokan masih minim maka harga akan cukup bagus. Namun bila pasar dibanjiri produk tentu akan ada jenuhnya yang akan membuat harga jual anjlok. JAdi berjalan teratur atau tidak tentu mengacu kepada perhitungan untung rugi sebuah usaha, dan marketing tentu saja membutuhkan berbagai trik dan upaya agar penjualan bisa stabil.

    BalasHapus